Fungsi lampion saat ini tidak hanya untuk penerangan, tetapi dapat juga digunakan untuk hiasan dan dekorasi. perayaan imlek yang biasannya diletakan di klenteng-klenteng ,di mall , juga bisa untuk event , dan diletakan di halaman rumah saja juga bagus loh . sat ini lampion tidak hnya lampion gantung imlek saja loh ,banyak macamny . yaitu ada lampion gantung warna-warni yang biasannya digunakan di dekorasi wedding ,dekorasi event .lampion terbang yang biasannya digunakan untuk pesta taman atau pesta perayaan tahun baru . lampion apung yang  digunakan di air  kebanyakan kita temukan di tempat-tempat wisata. dan lampon karakter ,lampion ini yang ukurannya besar contohnnya lampion karakter hewan ,lampion karakter kartun , lampion karakter bunga ,biasannya digunakan di evnt – event mall . jadi bisa kalian simpulkan lampion tidak hanya untuk mengusir monster nian dan idak hanya untuk penerangan saja . banyak manfaat lampion saat ini. kalau kalian ngin memesan lampion bisa di pengrajin kami ,tetapi kalian bisa kok membuat lampion gantung  sendiri ,dengan cara yang sangat amat mudah . yuk simak cara membuatnnya . pertama siapkan bahan yaitu ,  kertas kosong ,kertas karton, lem, selotip bening , gunting , spidol warna-warni , tali/benang(untuk menggantung lampion), lilin elektrik berukuran kecil. setelah kalian menyiapkan bahan-bahan tersebut ikuti langkah  langkah membuatnnya .

  1. Hal pertama adalah kamu buat gambar-gambar pada kertas kosong yang telah disiapkan. Gambar sesuai dengan keinginanmu menggunakan spidol warna-warni agar lebih menarik. Usahakan gunakan kertas putih polos agar cahaya lilin dapat menyala dengan terang.
  2. Setelah itu, lipat kertas yang telah kamu gambar dengan pola seperti kamu membuat kipas. Lipat secara vertikal dengan posisi awal berada diatas kemudian lipatan selanjutnya berada dibawahnya.
  3. Satukan ujung-ujung kertas sehingga membentuk tabung. Lalu tempelkan kertas karton yang telah digunting berbentuk lingkaran. Tempel kertas karton pada sisi dasar kertas polos yang membentuk tabung tadi. Pastikan jika lemnya kuat. Kamu bisa gunakan lem kertas dengan ditambah selotip bolak-balik.
  4. Setelah itu, buat lubang kecil pada bagian badan lampion untuk mengaitkan tali sebagai penggantungnya. Kamu perlu teliti agar 2 lubang yang berada di badan lampion sejajar. Sehingga saat digantung, lampion tidak miring.
  5. Ikatkan tali pada lubang yang telah kamu buat tadi. Tali ini berfungsi sebagai gantungan lampionmu.
  6. Lalu tutup lampionmu dengan kertas karton yang sudah kamu gunting berbentuk lingkaran sesuai dengan diameter lampionmu. Pada tutup lampion, beri lubang pada tengahnya agar tali bisa menembusnya sehingga bisa digantung. Kamu bisa beri lem pada tutup lampion agar tak mudah lepas namun jangan terlalu rapat agar lilin tetap menyala.
  7. Kemudian masukkan lilin elektronik kedalam lampion.
  8. selesai  . mudah bukan membuatnnya kalian bisa membuatnnya sendiri dirumah dengan bahan-bahan yang bisa kalian cari di toko-toko terdekat . bentuk lampion bulat memang sedikit sederhana kalian bisa merubahnnya menjadi lebih modern dan elegan . kalian dapat menemukan lampion modern dan elegan ini di jezina light produsen lampion terkemuka di kota Malang ini dengan harga yang relatif murah dan bahan yang berkualitas . w